Sowan Kembali ke Candi Plaosan

Tak banyak yang berubah dari komplek situs Candi Plaosan Lor, setahun yang lalu saya pernah kesini. Waktu itu banyak potongan-potongan candi berserakan di sekitar komplek pada saat itu memang sedang dilakukan penataan dan pendirian kembali candi-candi yang porak poranda dan kali inipun masih dalam tahap pembangunan, memang tak gampang menyatukan potongan-potongan candi yang berumur ratusan tahun. Perlu ahli sejarah yang benar-benar mumpuni dan kehati-hatian dalam menanta ulang agat tidak terjadi kesalahan, ini menyangkut soal sejarah tak segampang membangun rumah susun, pikir saya.

Seorang penjaga menghampiri saya ketika saya datang (lagi) ketempat ini, dia keluar dari pos jaga yang terletak dipojok depan kawasan candi persis didepan pintu masuk komplek candi, dia tersenyum sembari menginformasikan harga tiket masuk seharga Rp 2000, harga yang sangat  murah sebagai bentuk penghargaan yang kecil dibanding warisan sejarah yang diwariskan pada kita. Siang itu matahari sangat terik berbanding dengan sejuknya suasana dipagi hari ketika saya datang setahun yang lalu. Sebuah tenda dengan terpal berwarna biru berdiri di tengah kawasan candi sementara tak banyak pekerja yang terlibat, sementara sepasang wisatawan asing datang kearah saya sepertinya baru saja kelar mengelilingi komplek candi.

Setelah puas berkeliling dan jeprat-jepret sambil berpeluh saya kembali kedepan dan menemukan beberapa pengunjung datang lengkap dengan pemandunya, sesiang ini masih saja ada pengunjung rupanya. Saya sudah tak tahan dengan teriknya matahari siang itu lagi pula sudah saatnya makan siang, mari kita jelajahi wisata kulinernya Jogja.

Leave a Reply

