Pantai-Pantai Indah di Gunung Kidul

Gunung Kidul punya potensi besar dalam pariwisata terutama destinasi pantai, sepanjang garis pantainya merupakan pantai-pantai berpasir putih, sekilas mirip Jimbaran atau Uluwatu di Bali, meski tebingnya tak setinggi di Uluwatu. Saat ini Gunung Kidul sedang berbenah menata pantai-pantai pasir putihnya yang indah, akses jalan sudah sangat bagus, hanya saja jaraknya sedikit jauh dari Kota Jogjakarta, tapi bagi traveler pecinta pantai itu tidak akan menjadi maslah. Jika anda sudah bosan dengan wisata tengah kota Jogjakarta maka wisata pantai Gunung Kidul bisa menjadi alternatif.

Salah satu sudut di Pantai Krakal

Awalnya saya pikir Jogja hanya punya wisata pantai Parangtritis atau Parangkusumo namun ternyata surga tersembunyi itu bernama, Pantai Kukup, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Siung, Pantai Sundak, Baron, Ngobaran, Krakal, Indrayanti… Dan masih banyak lagi nama pantai lainya dan anda di undang untuk menjelajahinya satu persatu. Inilah potensi besar yang dimiliki Gunung Kidul.

Jam 5 pagi langit kota Jogja masih terlihat berawan, samar-samar guratan awan tipis menaungi kota sampai ketimur, lampu-lampu jalan masih berpijar menguning, laju lalu lalang kendaraan terlihat tenang, sesubuh ini mau mengejar apa? Mobil yang saya kendarai melaju santai subuh itu. Mata saya masih ngantuk, tak terasa mata terpejam hingga akhirnya terjaga di sebuah tempat tujuan, sarapan di Soto Tan Proyek, pas banget memang jam segini memang waktunya sarapan, hahaha…

Satu persatu pantai-pantai indah itu saya pijaki, beberapa diantaranya memiliki fasilitas umum yang lengkap dan bagus. Seperti pantai pada umumnya selalu ada warung-warung kecil di pesisir pantai dengan menjual beberapa snack lokal yang khas, tempat parkirnya juga luas. Andai saja waktu saya banyak mungkin saya akan memilih Pantai Drini dan Kukup sebagai tempat berleyeh-leyeh seharian. Dua pantai ini menjadi favorite saya.

Tipkal ombaknya pun semua pantai ini hampir sama, dengan lautan dangkal beberapa meter kedepan dan selanjutnya ombak kecil pecah di tengah. Pantai Sepanjang dan Pantai Krakal sepertinya cocok sekali di kembangkan sebagai obyek wisata water sport, dengan garis pantai yang panjang dan ombak yang lebih tenang sangat menunjang untuk dikembangkan menjadi wahana bermain Banana Boat, Motor Sky, Playing Fish dan wahana permainan pantai lainya, pasti akan lebih seru.

Waktu seolah cepat berlalu, akhirnya saya putuskan untuk menikmati sunset di Pantai Kukup, pelan tapi pasti sedikit demi sedikit matahari terbenam di belakang bebukitan, awan membentuk gugusan yang unik. Beberapa anak muda yang tadinya bercengkrama di sepanjang pantai dan di atas karang berduyun-duyun pulang, saya pulang dengan perasaan senang, akhirnya bisa mengabadikan sunset yang menawan. Lagu Paradise-nya Coldplay membahana.

Pemandangan sebelah timur dari Pantai Krakal

Pantai Sundak dilihat dari atas bukit sebelah timur.

Pantai Siung siang itu

Pantai Sepanjang ini malah cenderung lebih sepi dari pantai-pantai lainya yang ada di Gunung Kidul.

Pantai Ngobaran.

Pantai Drini terlihat indah dengan adanya perahu-perahau nelayan yang berwarna senada dengan langit.

Sunset di Pantai Kukup, gugusan bukit-bukitnya adalah daya tarik tersendiri bagi para fotografer lanskap.

3 thoughts on “Pantai-Pantai Indah di Gunung Kidul

  1. keren bgt foto2 nya mas, waktu ke Jogja saya hanya mampir di pantai parangtritis dan pantai depok karena waktunya terbatas.. kalau ke jogja lagi kayanya wajib niy ke pantai2 kayak di foto itu.. oiya mas, klu backpackeran, tau ga angkutan umum mencapai pantai baron dll itu? thanks mas😀

    • Saya pikir bentar lagi pantai-pantai ini bakalan diserbu wisatawan, layaknya pantai-pantai tersembunyi yang dimiliki Bali, hehehe… Mohon maaf karena waktu itu saya membawa mobil sendiri dan memang tidak tahu soal angkutan umum, maaf sekali ga bisa bantu Rika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s