Penanjakan Bromo, Spot Sunrise Sejuta Umat

Berpuluh-puluh kali saya sudah melihat sunrise photos dari spot Penanjakan, meski terasa sudah membosankan namun kenyataanya sebagai kunjungan perdana, saya dan teman-teman merasa wajib datang dan memotret dari sini, inilah spot sejuta umat dengan view yang sama walau tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan foto yang berbeda jadi kreatiflah, meski kenyataanya saya belum sekreatif itu😀

Dari sisi sebelah timur matahari belum juga naik tapi alam sudah terlihat indah.

Nafas saya ngos-ngosan ketika sampai di spot Penanjakan, meski hanya menaiki beberapa puluh tangga saja, dinginnya cuaca membuat nafas terasa berat. Sudah puluhan orang berjejal di pinggir tebing dengan kamera mereka masing-masing, sebagian besar dari mereka adalah wisatawan asing, sementara saya memilih lokasi di bawah sebelah barat, disana keadaan lebih lenggang meski bakalan tidak bisa mengambil gambar seleluasa spot atas. Sekedar tips, usahakanlah tiba di Penanjakan pada jam 4 pagi jika ingin mendapatkan posisi yang benar-benar anda inginkan, jika tidak berharaplah anda punya sedikit keberuntungan karena lokasinya sangat kecil dan puluhan orang akan berjejal di posisi paling depan.

06.11 WIB matahari masih malu-malu memperlihatkan wajahnya, disamping saya berdiri seorang pria lokal sedang ditawari snack oleh seorang bule, barangkali mereka pemandu dan wisatawan yang di pandunya. Sebagian alam sudah nampak terang, kabut tipis menyelimuti beberapa bagian gunung dan lerengnya yang terhampar luas dibawah saya, mereka terlihat kecil. Alam menghadirkan tumpukan layers gunung dan bebukitan disisi timur, warna biru tua memudar seiring warna merah hadir kemudian menguning, indah.

Traveling tak berakhir disini, masih ada beberapa hari kedepan untuk menikmati Bromo, bergumul dengan dinginya lembah dan menyapa keramahan suku Tengger. Sementara itu lagunya Koes Ploes yang berjudul Nusantara masih menggema di kuping, lagu yang pas untuk moments seperti ini, Nusantaraku memang indah dan akan lestari jika kita mau menjaganya bersama-sama.

Masih dari sisi sebelah timur dan lebih kebawah anda akan bisa melihat pemandangan lembah seperti ini.

Siluet penikmat pagi, nampak orang-orang mengabadikan pemandangan indah pagi itu dengan memakai kamera saku, dslr hingga kamera ponsel.

Krodit dan julangan menara, tak kalah manusia dan menara seolah-oleh saling berpacu untuk memenuhi Penanjakan ini, bedanya kita bisa pergi sementara mereka tidak :))

Berusaha kreatif, nampak dalam siluet dua orang fotografer berusaha kreatif mencari posisi yang bagus, menaiki pepohonan meski dengan resiko tinggi jika salah pijakan atau pegangan maka bisa menggelinding keawah tebing.

Menikmati, seorang wisatawan tampak menikmati dengan seksama kemegahan alam Bromo.

Asap di atas Semeru, di detik-detik terakhir kunjungan kami Semeru sempat mengeluarkan kepulan asap meski tidak begitu besar.

7 thoughts on “Penanjakan Bromo, Spot Sunrise Sejuta Umat

    • Pondok pertaniaan tanjung dibuka untuk umum Sejak maret tahun 2010 ini, pondok pertanian tanjung kami buka untuk umum, dengan meng’informasi’kan melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian info di face book sbb:

      Pondok pertanian tanjung ini, terletak di dukuh: Tanjunng rt.03. rw.03. desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya) km 99 itu tertera di pal penunjuk km di jalan raya depan pondok pertanian , kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari. Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari ‘Pasuruan’ ambil arah malang smp di ‘Warungdowo’ (-+ 7km), belok kiri smp ‘Ranggeh’ belok kanan menuju ‘Pasrepan’ terus saja smp ‘Puspo’ terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh ‘Jonggo” terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 .

      @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana “sukarela” ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
      @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

      *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt . . 6 mobil,. kebun sayur.
      *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
      *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

      # untuk informasi hub: SMS/Tlp 085608326673 – 081249244733 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
      Sejak beberapa bulan kami informasikan di dunia maya, ada beberapa tamu yang datang salah seorang tamu sms ke kami demikian: Terima kasih pak, pondok pertanian tanjung di buka untuk umum, menyenangkan sekali bermalam disana, dengan ditemani anak2 kecil dukuh tanjung suasana jadi rame, pelayanan mbak Sulis yang ramah dan kekeluargaan jadi pengen balik lagi ke tanjung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s