Banah

Tak ubahnya Uluwatu yang ada di Pulau Bali, begitupun Banah di Nusa Penida. Bukit yang memiliki pemandangan laut biru terhampar luas dan bertebaran pulau-pulau kecil disekitarnya, tak banyak memang tapi sangat menarik, apa lagi salah satu pulau tersebut memiliki lubang di tengah, mirip cincin.

Dua pulau kecil yang menjadi icon Banah

Banah terletak di ujung selatan dari Pulau Nusa Penida, untuk mencapainya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pelabuhan Toyo Pakeh. Jalan 100 meter pertama dari pelabuhan saya sudah menemui tanjakan, naik-turun dan begitu seterusnya. Satu kilo meter menuju lokasi saya melalui banyak jalanan yang rusak, aspalnya berlubang dan kebanyakan pecah-pecah, sangat tidak nyaman yang akhirnya memaksa saya untuk mengendarai motor secara pelan-pelan saja. Tak banyak rumah penduduk yang saya temui sepanjang jalan, kebanyakan ladang-ladang yang baru saja menghijau tapi tak serimbun ladang ditanah gembur yang memiliki sedikit kadar bebatuan, disini ladang petani kebanyakan ditanami ubi, singkong atau perkebunan pohon jati, lumayan bikin teduh.

Perjalanan sore  itu dilakukan secara mendadak membuat saya sedikit lega, pemandangan alamnya memang indah tak rugi saya luangkan sedikit waktu untuk mengunjunginya, meski resikonya semua dilakukan dengan tergesa-gesa, sangat tidak menikmati setiap detailnya. Tebing bukit masih ditumbuhi tanaman perdu dan beberapa pohon gamal yang sedikit menutupi pemandangan. Dari petunjuk orang lokal saya menemui jalan setapak menuju kebawah dan dapat melihat pemandangan lebih lega meski akhirnya setengah perjalanan saya urungkan niat untuk mencapai sampai bawah tebing, disamping takut ketinggian saya juga takut kemalaman, matahari sudah condong di barat, sebentar lagi sore berganti malam, saya putuskan untuk pulang mengejar sunset yang tenggelam diatas pulau Lembongan dari Toyo Pakeh.

Pulau yang berbentuk cincin, unik…

Pemandangan bukit dari sebelah timur, bukit yang terjal dan air laut yang biru, exotic!

Pemandangan dari sisi sebelah barat yang tak kalah menariknya.

Leave a Reply

