Crystal Bay

Akhir-akhir ini ada kencendrungan lokasi di Bali dinamai dengan nama yang berbau English, misalnya Dreamland, Sunset Road, Virgin Beach, Hidden Beach, Mystical Tree, Secret point dan lain-lain. Padahal lokasi tersebut sebelumnya punya nama sendiri yang sangat kental dengan ke “daerahan” nya dan menurut saya itu terdengar lebih original ketimbang sengaja di “barat-baratkan”, namun kenyataanya itulah yang terjadi, namun sisi baiknya adalah vocabulary English saya akan lebih kaya.

Pantai-pantai di Pulau Nusa Penida memang lebih sepi meski tak kalah cantik dari pantai yang ada di Pulau Bali.

Terletak di Pulau Nusa Penida, salah satu kepulauan yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Klungkung, Bali. Crystal Bay adalah sebuah nama teluk yang terdapat pulau kecil di tengah pantai yang berpasir putih dan halus.  Menurut orang lokal nama pantai ini adalah Pantai Penida dan sekarang lebih terkenal dengan nama “barat”-nya, baiklah! Diapit oleh bukit-bukit tandus disebelah selatan dan utara, garis pantainya tak lebih dari 800 meter, tipikal pantai-pantai kecil yang umumnya banyak terdapat di Bali.

Pada kunjungan pertama saya kepantai ini beberapa tahun yang lalu, saya banyak menemui surfer cilik yang sedang bermain ombak di sebelah selatan pantai di antara tebing bukit yang menjadi pembatas pantai namun, siang itu tak satupun saya temui mereka hanya sepasang turis sedang berjemur di bibir pantai, sementara di tengah pantai beberapa boat terjangkar dengan tenang karena gelombang siang itu hanyalah riak-riak kecil, boat-boat itu sedang menunggu wisatawan yang diving di sekitar pulau, air laut terlihat biru tua dan berkilauan seperti kristal tersapu cahaya matahari. Mungkin karena itu pantai ini dinamakan Crystal Bay, teluk yang berkilauan dengan kristal-kristal riak air yang terkena terik matahari.

Ini adalah salah satu trip saya ke Nusa Penida, posting lainya tentang perjalanan traveling yang lain dalam tulisan yang singkat di sini dan tentang Pengerajin kain Cepuk, enjoy!

Foto selancar cilik ini saya ambil pada tahun 2008, kunjungan pertama saya ke pantai nan indah ini.

Masih di tahun 2008, seorang anak kecil sedang menahan dingin di atas papan selancarnya sembari menunggu ombak, sementara sebuah boat menunggu tamu-tamu mereka naik dari diving.

Dan ini adalah kondisi pantai saat ini yang saya ambil pada bulan lalu, masih biru dan indah.

Di sebelah sisi utara pantai terdapat restaurant yang dikelola salah satu penyedia jasa diving dan bergantung beberapa ayunan yang enak buat bermalas-malasan.

Pantai sisi sebelah utara, terdapat batu karang yang tak begitu banyak.

2 thoughts on “Crystal Bay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s