Asik, ke Jogja Lagi

Sebulan sebelumnya sudah saya putuskan untuk mengunjungi Jogjakarta pada bulan Januari, saya memiliki waktu yang panjang untuk memanjakan diri pada bulan ini, bulan yang benar-benar kosong dari job. Awalnya akan berangkat bersama seorang teman yang nyambi nge-job dan kami sepakat untuk bisa mengarungi Jogja dalam seminggu tapi kenyataan berkata lain mendekati hari H dia tidak jadi ikut maka jadilah saya berangkat sendirian. Saya pikir itu tidak jadi masalah toh akan sangat menyenangkan bisa traveling sendirian tanpa merepotkan orang. Adalah Fitri, GGN dan Bayu, teman-teman dekat saya yang memang tinggal di Jogja, merekalah kemudian yang selalu saya tanyai berbagai hal untuk mempermudah perjalan saya, terima kasih kawan😀
Traveling sendirian sepertinya tidak akan sulit di kota yang saya pikir orang-orangnya sangat baik dan terkenal bersahaja, saya mencoba menjadi seorang backpacker dan berusaha mempersiapkan semuanya lebih baik dan tentu saja berusaha dengan cost yang murah, traveler kere neh, hehehe. Maklum kunjungan saya sebelumnya seringnya berangkat bersama keluarga dan selebihnya dengan beberapa teman, ini akan menjadi kunjungan saya yang ke 4 kalinya, saya harus mempersiapkan diri dengan lebih baik mulai dari penginapan hingga planing ke tempat-tempat baru yang belum pernah saya kunjungi. Bener-bener ngurus semuanya sendirian walau, akhirnya ada juga yang membantu mempermudah perjalanan ini.

"Langkah..." Foto ini saya ambil di Keraton Jogjakarta, tampak seorang Abdi Dalem sedang berjalan di lantai keraton.

Hiruk pikuk jalan Malioboro di pagi hari.

Hingga hari itu tiba, “sebentar lagi saya akan ada di Jogja” gumamku. Semua pakaian dan peralatan sudah dikemas termasuk sedikit oleh-oleh untuk para sahabat. Jam di hand phone saya menunjukan 13.45, suara BBM terdengar, seorang teman nanya, “sudah berangkat bro?” saya jawab “belum tapi sudah siap” kemudian dia timpali “ok, hati-hati sampai ketemu di Jogja” saya tersenyum sumringah *ah Jogja* “sipp, sampai ketemu di Jogja”. Jam sudah mulai mepet saja ke jam 3 sore, Bus Safari yang telah saya pesan tiketnya akan berangkat pada jam tersebut sementara karena tiba-tiba saja hujan yang mestinya saya di antar teman dengan sepeda motor saya urungkan, lebih baik naik taxi saja lagian Terminal Ubung dekat dari tempat kos-an. Sudah jam 14.30 taxi yang saya pesan belum datang juga, saya telpon lagi operatornya dan suara cantik dari seberang bilang taxi sudah di jalan Gunung Agung, baiklah saya tunggu dan benar saja beberapa menit kemudian taxi pesanan datang. Sesampainya di terminal saya masih menyempatkan diri untuk makan siang, maklum perut masih keroncongan, belum usai melahap semua nasi diatas piring tiba-tiba nama saya dipanggil karena bus mau berangkat, oalaaaaaaa, tunggu saya pak sopir!!!
Tak dinyana setelah beberapa jam perjalanan saya baru sadar ternyata saya satu bus dengan seorang senior fotografer Bli Dedok, jadilah saya ngobrol dengan beliau di saat bus masuk kapal menuju pelabuhan Ketapang. Teman kursi di sebelah saya seorang perempuan muda dan setelah sempat ngobrol yang sangat tidak banyak, ketahuan kalo dia seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jogja dan asli Sumba, mungkin dia takut dengan tampang saya, apakah tampang saya menyeramkan? *padahal kan ganteng ya :p Beberapa kali saya ajak ngobrol cenderung menjawab hanya dengan sedikit jawaban saja, ah benar-benar membosankan, ga asik banget. Perjalanan 18 jam itu menjadi sangat melelahkan kawan.
Yang tadinya saya mau traveling sendirian malah didampingi seorang teman, Bayu, dialah yang menjemput saya di kantornya Bus Safari bukannya di terminal seperti perkiraan saya di awal, atas saran dia dan jadilah saya selalu di dampinginya karena Bayu bilang “saya juga ingin jalan-jalan, santai saja, kuliah masih libur koq”, ya sudah pikirku. Menginap disebuah hotel kecil di jalan Dagen yang saya pikir sangat tepat karena masih terhitung sangat dekat dengan Keraton dan Jalan Malioboro, saya suka jalan-jalan pagi atau sore di sepanjang jalan ini.
Cuaca memang sedang tidak baik, kalo mendung saja sih tidak jadi masalah tapi kali ini hujan selalu mengintai hari-hari liburan saya. Pagi saya sempatkan bangun dan jalan-jalan sebentar di Malioboro sebelum di jemput Bayu untuk diajak jalan menuju beberapa obyek wisata tujuan, begitu seterusnya hingga sampai hari terakhir pindah ke kontrakan Bayu, kumpul dan ngaral-ngidul lagi dengan teman-teman kontrakanya, Leong dkk.
Atas ajakan teman, Arif aka Alam saya dirujuk untuk melanjutkan liburan mengunjungi Bandung, dia bilang “sudah deket gini ngapain nanggung, sekalian ke Bandung entar aku ajak hunting” bunyi BBM-nya hingga akhirnya saya iyakan juga. Singkat cerita tiket KA menuju ke Bandung sudah ditangan hasil perjuangan ngantri selama 2 jam lebih di Stasiun KA Tugu, Jogja. Yess, akhirnya saya akan bisa ke Bandung Minggu malam setelah akan mengunjungi Candi Kuning pada pagi harinya bersama Bayu dan GGN, tapiiiii…. Apa daya saya, Sang Kuasa berkehendak lain, pada sore hari yang rintik-rintik setelah saya menghabiskan makan malam di Jejamuran, adik perempuan saya Anni nelpon dan…. *sebuah drama kehidupan sedang melanjutkan episodenya*
Saya putuskan besok pagi saya harus balik ke Bali dengan memesan tiket Garuda pada salah seorang travel agent temennya Bayu. Semua planing malam itu dan hari-hari selanjutnya bubar jalan, sambil berharap ada jodoh di lain hari untuk bisa melanjutkan perjalanan yang indah ke Bandung bahkan ke kota lainya di seluruh dunia ini, amin.

Wajib hukumnya sarapan Pecel di depan Pasar Beringharjo ini

Salah satu sudut kota di Jalan Malioboro

Kantor Istana Presiden Jogjakarta

Tugu Jogja salah satu icon Kota Jogjakarta

Menyelusuri kota Jogja dengan menaiki becak, pandai-pandai menawar ya😀