Pelabuhan Pengambengan

Kapal-kapal yang bersandar di Dermaga Pengambengan tak jauh berbeda dengan kapal-kapal yang ada di Kedonganan, memiliki ukuran yang besar dan detail-detail kapal yang sama sekali tak mencirikan perahu-perahu yang pada umumnya ada di daerah Bali. Seluruh kapal dicat dengan penuh warna dan menurut saya cenderung memiliki khas dengan kapal para nelayan di Madura.
Dermaga yang terletak di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana ini malahan menjadi tempat favorite bagi para pemancing. Mulai dari pagi, siang hingga ke malam hari selalu ada saja pemancing yang duduk disekitar dermaga bahkan ada yang sampai ketengah laut berdiri mengambang hingga setengah badan mereka basah sambil memegang pancingan.
Ini link peta Dermaga Pengambengan http://g.co/maps/sb5q2 enjoy…

Meski kapal yang bersadar masih sedikit, kapal-kapal ini tetap terlihat menarik.



Dermaga Pengambengan merupakan pelabuhan perikanan berskala nasional. Selain sebagai galangan kapal, di sekitar dermaga juga terdapat pabrik pengolahan ikan, pengolan minyak ikan, dan tentu saja terdapat nelayan-nelayan tradional dengan jukung yang kecil.
Walaupun dikatakan sudah mengalami kemajuan secara ekonomi namun saya lihat pantai disekitar dermaga sangat kurang terawat padahal memiliki ombak yang tenang dan view yang sangat indah. Banyak saya temui sampah berserakan dan malah terkesan sangat “panas” karena kurangnya pepohonan yang ada diareal dermaga. Ah andai saja, dipelihara dengan baik, saya yakin makin banyak wisatawan yang akan berkunjung. Dengan perasaan kecewa saya meninggalkan dermaga dan berharap suatu hari nanti ketika saya datang kembali maka dermaga sudah terawat dan terlihat lebih cantik😀
dermaga pengambengan

Seperti bertolak belakang, Jukung kecil ini dicat dengan warna yang sangat mecolok ketimbang kapal-kapal besar itu.


Seharusnya saya bisa melihat Pohon Kelapa yang lebih banyak di sini.


Mancing mania, seterik apapun cuaca tetep mancing😀


Berjejer bersandar di sepanjang dermaga.


Seorang nelayan sedang memanjat keperahunya setelah memberishkan badan perahu.

Salah satu detai kapal yang terlihat aneh😀


Nyebur kelaut?

4 thoughts on “Pelabuhan Pengambengan

  1. bukan aneh yg maksudkan karna memang ada pungsi pula. yg disebut aneh itu adalah landangan selain buat pungsi hiasan tapi juga evakuasi penyelamatan jika ada terjadi sesuatu pada kapal atau perahu itu. disaat darurat landangan bisa dilepas untuk evakuasi. landangan juga bisa jadi tanda identitas perahu atau kapal itu. saya bilang begitu karna itu duniaku.

    +6285338414604

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s