Pantai Yeh Gangga dan Keunikan Pura Batu Bolongnya

Bagi anda yang suka traveling dan kebetulan sedang mecari tempat yang tenang datanglah ke Pantai Yeh Gangga, pantai yang terletak kurang lebih 9 kilometer dari Tanah Lot, Tabanan ini memberikan pemandangan sunset yang menawan namun memiliki laut yang sedikit berbahaya, cocok untuk para surfer. Pantai yang banyak di lalui aliran sungai  kecil dan kemudian bermuara kelaut, selain itu sisi selatan dari pantai merupakan hamparan sawah yang berwarna hijau sungguh perpaduan warna yang menarik dan akan memanjakan mata anda untuk tetap menjelajahi setiap lekuk pesisir pantai berpasir lembut dan berwarna abu-abu, indah.

Yang unik di pantai ini adalah sesosok batu yang tak begitu besar yang ternyata adalah sebuah pura yang bernama Pura Batu Bolong, layaknya Pura Tanah Lot namun dengan ukuran yang lebih kecil, tepat di ujung depan batu terdapat tangga kayu yang menjadi satu-satunya jalan untuk bisa menaiki batu yang perkasa tersebut. Barang kali banyak pura yang bernama sama namun yang membedakan pura ini adalah ukuran batu yang tak terlalu kecil pun lubang yang ada di dalam batu. Anda akan terpesona jika bisa melihat pancaran sunset yang keluar tepat berada di dalam lingkaran batu pura tersebut.

Pura Batu Bolong di Pantai Yeh Gangga dengan pemandangan sunset-nya yang mempesona

Selain menjadi tempat sembahyang bagi para Bhakta umat Hindu terutama di Pura Batu Bolong-nya, Pantai Yeh Gangga juga paling sering menjadi tempat untuk melakukan upacara Melasti dan upacara pelepasan abu kremasi akhir dari upacara Ngaben. Jika anda beruntung ini akan menjadi pegelaran budaya yang menarik karena biasanya upacara di hadiri oleh ratusan umat Hindu lengkap dengan Gambelan yang mengirinigi selama prosesi berlangsung.

Sisi timur dari Pantai Yeh Gangga dibatasi oleh bukit kecil dan aliran sungai yang tak begitu deras.

Jika sisi timur pantai dilihat lebih wide maka akan terlihatlah seperti ini.

Pura Batu Bolong terlihat dari sisi barat, sepasang Pemedek sedang sembahyang di bagian atas batu sementara dua pasang lainya sedang berfoto dan menikmati senja.

Sunset di Pantai Yeh Gangga dengan obyek Pura Batu Bolong-nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s