Odalan Pura Gumang

Pura Gumang terletak di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali. Pura ini memiliki lima desa Pengepon ( Pemelihara ) yakni oleh Desa Bugbug, Desa Jasri, Desa Bebandem, Desa Ngis dan Desa Datah. Kelima desa ini memiliki ikatan emosional yang sangat kuat.

upacara adat bali di desa gumang

Seorang pemuda sedang membawa Babi Guling dan persembahan lainya menuju pura.

Ada berbagai versi tentang riwayat berdirinya Pura Gumang ini, salah satunya adalah dikarenakan seorang I Dewa Gede yang datang dari Pulau Jawa, yang jatuh cinta dan menetap di Bukit Juru ( sebelum disebut menjadi Bukit Gumang ), di bukit ini beliau menjadi petani bersama beberapa penduduk disekitarnya. Karena awalnya pertanian mereka hanya mengandalkan air tadah hujan maka I Dewa Gede melakukan tapa brata hingga akhirnya tapa bratanya berhasil, munculah mata air di bukit tersebut dan tentu saja lahan pertanian mereka menjadi subur tanpa mengandalkan air tadah hujan lagi. Itulah cerita yang berkembang di daerah tersebut, adapun ketika saya datang kepura Bukit Gumang saya tidak menemukan mata air yang ada dalam cerita, bukit terlihat kering namun dibawah bukit masih terlihat persawahan yang menghijau meski tak luas.

Pura Gumang terletak di puncak bukit, di mana dapat dicapai dengan 50 menit pendakian jalan kaki dari jalan raya utama. Pura ini dijaga oleh sekelompok monyet yang tidak hanya berkeliaran di pura melainkan juga hutan di lereng bukit dan sering kali mereka dapat ditemukan sedang mencari makanan di tempat suci di kaki bukit.

Yang menarik adalah setiap Odalan di Pura Gumang anda akan menemukan masyarakat dari lima desa bahkan sekarang hampir dari seluruh penjuru pulau Bali berduyun-duyun membawa Banten, Canang dan Babi Guling. Disini memang terkenal dengan persembahan Babi Guling-nya, bisa anda bayangkan ratusan bahkan mungkin ribuan Pemedek ( para umat ) lalu lalang menyusuri bukit kurang lebih sepanjang 4 kilo meter membawa Babi Guling dan alat persembahyangan lainya. Sesampainya di pura maka berjejerlah ratusan Babi Guling yang tersebar dipenjuru pura.

Itulah salah satu kekuatan adat budaya yang ada di Pura Gumang, maka tidak heran sudah banyak wisatawan yang datang hanya sekedar melihat dan beberapa yang lainya memang ingin berburu foto keelokan budaya di Pura Gumang.

Babi guling, odalan di Bali

Seorang bapak akan membawa babi Guling-nya dari jalan raya menuju bukit.

Tangga di pertengahan bukit

Seorang kakek sedang beristirahat

Umbul-umbul ( bendera )

Umbul-umbul ( bendera )

odalan di bali

Para Pemedek berduyun-duyun menuju Pura Gumang

Jalanan yang terjal menuju puncak bukit Pura Gumang

Tumpukan Canang di salah satu Pura menuju bukit Gumang

Para Pengepon pura menuju puncak bukit

Pemunut Banten

Seorang bapak menggendong kedua anaknya menuju pura

Para Pemedek di ciprati air suci yg disebut Tirta Pelukatan

Babi Guling yang digantung dibeberapa pohon diareal pura

Anak-anak yang kelelahan setelah menempuh perjalanan yang jauh

Seorang ibu sedang membawa canang dengan latar belakang pantai di bawah bukit Gumang

8 thoughts on “Odalan Pura Gumang

    • Waduh saya ga ngerti kalo ditanya bulan apa, biasanya hitunganya Sasih, penanggalan bulan dalam sistem kalinder Hindu Bali. Saya akan update info Sasih-nya jika saya sudah mengetahuinya. Terima kasih sudah mau mampir.

    • Sekedar info: Aci di pura gumang dilaksanakan setiap purnama Kapat tepatnya pada Bulan oktober,di adakan setahun sekal(pada tahun ganjil Aci kadulu Alit dan setiap tahun genap Aci Kadulu gede,nah pada aci kadulu gede inilah 5 desa berkumpul menjadi satu(Desa Bugbug,Bebandem,Jasri,Ngis,Datah)yang berlangsung selama 3 hari.
      Suksma…salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s