Tabuh Rah

Dalam setiap upacara adat Hindu di Bali,ada beberapa proses yang harus dijalani sebelum melakukan upacara utama, salah satunya dengan melangsungkan upacara Tabuh Rah. Tabuh berarti menaburkan dan Rah berati darah,adapun penyembelihan darah binatang bisa memakai babi,bebek,kerbau,ayam dan lain-lain,yakni sebagai pelengkap upacara yang dilangsungkan. Darah perlambang merah dari binatang tersebut di gunakan sebagi bahan pelengkap Metabuh. Metabuh adalah proses menaburkan lima macam warna zat cair adapun empat  bahan yang lain diantaranya zat berwarna putih dengan tuak, berwarna kuning dengan arak, berwarna hitam dengan berem, berwarna merah dengan taburan darah binatang dan ada dengan warna brumbun dengan mencampur empat warna tersebut.

Metabuh dengan lima zat cair adalah simbol untuk mengingatkan agar umat manusia menjaga keseimbangan lima zat cair yang berada dalam Bhuwana Alit. Jika lima zat cair itu berfungsi dengan baik maka orang pun akan hidup sehat dan bertenaga untuk melangsungkan  hidupnya. Lima zat cair yang disimbolkan adalah darah merah, darah putih, kelenjar perut yang berwarna kuning, kelenjar empedu warnanya hitam dan air itu sendiri simbol semua warna atau brumbun. Air itu bening berwarna netral,perpaduan fungsi lima zat cair dalam tubuh inilah yang akan membuat hidup sehat.

Dalam Lontar Siwa Tattwa Purana maupun dalam Lontar Yadnya Prakerti dinyatakan upacara Tabuh Rah boleh dilangsungkan sebagai kelengkapan saat upacara Mecaru atau Bhuta Yadnya namun kadang ada orang yang menyalah artikan Tabuh Rah ini dengan melakukan perjudian Tajen (sabung ayam).  Tajen dilangsungkan hanya untuk perjudian dan ini sangat tidak dibenarkan dalam Agama Hindu. Ini adalah salah satu potret budaya Hindu Bali yang sering disalah artikan orang.

Berikut ini adalah beberapa foto yang bisa saya abadikan dalam upacara Tabuh Rah yang dilangsungkan di Desa Tenganan pada upacara Usaba Sambah sebelum proses Mekare-Kare atau Perang Pandan berlangsung,enjoy…

2 thoughts on “Tabuh Rah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s