Odalan Desa Selumbung

Ada yang menarik ketika saya di ajak hunting oleh seorang teman photographer di sebuah desa kecil di kabupaten Karangasem,tepanya di Desa Selumbung,seperti masyarakat Bali lainya didesa ini pun ritual keagamaan sangat terjaga lestari,Odalan adalah sebutan untuk hari jadi yg dilaksanakan setiap 6 bualan sekali,piodalan Usaba Puseh disini sangat berbeda dengan piodalan yang dilakukan di desa lain yang ada di Bali yakni upacara nyambut Betara-Betari dengan berbekal sebuah keris setiap pria dewasa di desa ini datang beramai-rami menuju pura dengan menghunus kerisnya sedemikian rupa ada yg berlarian ada pula yg berjalan sambil berteriak histeris (moment yang sangat kudus),sesampinya mereka di pura desa mereka di kasi air suci untuk pembersihan,kemudian datanglah Sesuhunan (Penjaga) yang dikawal beramai-ramai oleh warga yang lainya.

Bali Culture Photography
Bali Photographer

Puncaknya adalah ketika Sesuhunan tiba di pura suasanya semakin mencekam karena tak seorangpun diperbolehkan berdiri terkecuali orang-orang yang mengalami trans atau kerasukan roh para Sesuhunan setempat dimana mereka bertingkah macam-macam,ada yang berlarian sambil menari mengikuti irama gong,ada yg menghunuskan kerisnya kedada,kelengan ( disebut juga dgn Nadi ato Ngurek), ada pula yg bertingkah layaknya binatang,bahkan ada yg menangis,yg paling menakutkan adalah seorang yang merasuki topeng Rangda, silih berganti beberapa orang yg mengalami hal tsb hingga petangpun tiba.

Aroma canang dan wewangian banten masi tercium serta asap Pasepan masih terjaga dan berbaur dengan peluh di seluruh badan ini,saya meninggalkan desa Selumbung,desa asri yang meyimpan cerita magic dan keindahan upacara ritual mereka.

Dengan satu harapan,budaya Bali tetap terjaga (ajeg) dengan ajeng menyelaraskan harmoni kehidupan manusia dengan manusai lainya,alam dengan manusia dan tentu saja manusia dengan Penciptanya.

Bali selalu menyimpan art culture yang sangat menarik,yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mari jaga Bali,mari lesatrikan budaya bangsa.

Culture of Bali
Bali Art Photography
culture of Bali
Bali Art Photography
Culture of Bali
Bali Art Photography
Culture of Bali
Bali Art Photography

19 thoughts on “Odalan Desa Selumbung

  1. @Handy,culture of Bali tak akan pernah habis untuk di abadikan dalam photography bro,ayo kapan ke Bali? 😀
    @Van Nandik,salam kenal Bro,kabar-kabarin kalo ada odalan atau kegiatan budaya seru yang bagus buat di abadikan ya. Ngiring ajegang Baline
    Salam kenal.

  2. Mas, saya ini asli orang Desa Selumbung, merasa bangga dengan apa yang tersirat dalam blog ini, merasa percaya diri bahwa salah satu adat kami dipublikasikan secara luas

  3. Maaf mas, yang ini bukan odalan tapi acara ngusaba puseh yang dilaksanakan setiap setahun sekali, antar bulan agustus s/d Nopember setiap tahunnya

    • Terimakasih Koreksinya Bli,saya asli juga orang asli Bali tepatnya dari desa Antiga deket selumbung bukan? Saya akan koreksi isi blog saya ini,sekali lagi suksma sampun mampir.

  4. OM SWASTYASTU. saya salah seorang warga selumbung.. trims atas kunjungan anda untuk memperkenalkan kepada adat istiadat di desa kami kepada sluruh dunia.. SUKSMA. OM SANTHY 3X OM

  5. saya asli anak selumbung, sangat suka sekali dengan hasil fotonya,, i love my home, “Selumbung”

  6. Suksma ngih telah mampir ke blog tityang,jika berkenan tolong kabari tyang yening wenten odalan, usaba atau apapun yang berkenan dengan upacara unik yang perlu dilestarikan,person contact tyang ada diatas sebelah kanan tyang tunggu kabar baik dari semeton sareng sami,suksma…

  7. Pingback: 2010 in review « Bali Art & Culture Photography

  8. ea… mudah2han dengan adanya Blog Ini nama desa kita akan sedikit terangkat Khususnya Desa Selumbung…..

  9. Exsis Selumbung villages remains, there should be more development for tourism. I will try one of the harbour as a tourism,attraction of naturall water falls easy and investors hoped the goverment could help in the future. in order to build the village a beautiful,clean, safe an sustainable.

    thank you /best regards

    x.cen – yeh labuh

  10. Sekedar info, bulan Nopember depan akan digelar Upacara Ngusaba Puseh Ds Selumbung untuk Tahun ini. Mulai tgl 12 s/d 18 Nopember 2013. Silahkan datang jika berkenan.
    -Tradisi dan budaya leluhur adalah “taksu” Bali, cintai budaya untuk dijaga kelestariannya-
    Suksma.

Leave a comment