Pengerajin Endek Bali

Ini bukan kali pertama saya mengunjungi Desa Kamasan, Kamasan adalah nama sebuah desa seni di Bali, tepatnya di Kabupaten Klungkung. Desa Kamasan merupakan sorganya pengerajin mulai dari pengerajin perak, lukisan, patung sampai pengerajin tenun Endek dan merupakan salah satu desa yang sudah terkenal dengan karya tangan mereka di seantero dunia tak salah jika Garuda Indonesia dan CTI melakukan pusat pelatihan di desa ini.

Kunjungan saya ke beberapa pengerajin Endek di desa Kamasan adalah karena menyangkut sebuah pekerjaan sebagai fotografer, saya dipercaya oleh pihak Garuda Indonesia cabang Denpasar bekerja sama dengan CTI (Cita Tenun Indonesia) untuk melakukan liputan dalam Pelatihan dan Pengembangan Tenun, Program Bina Lingkungan. Sebuah pelatihan yang sangat menarik dan sangat bermanfaat untuk para perajin tenun ikat terutama Endek Bali.
Pengerajin Endek
Pelatihannya sendiri berlangsung selama tiag hari berturut-turut, tak hanya melakukan pelatihan di Klungkung saja namun sampai ke pengerajin yang ada di Karangasem juga. Mereka di kumpulkan di sebuah tempat di salah satu workshop peserta dan kemudian hari berikutnya mereka di kunjungi dan di persilakan mencoba apa yang telah diajarkan oleh seorang ahli yang didatangkan dari luar pulau.

Endek merupakan salah satu hasil kerajinan kain ikat khas masyarakat Bali, namun keberadaanya sekarang sudah agak berkurang dikarenakan beberapa hal, selain pengerajinya sedikit dan rata-rata malah digeluti hanya oleh ibu-ibu tua saja, entah kemana generasi mudanya, mungkin karena terpikat pekerjaan lain yang lebih menjanjikan.

Di Bali di beberapa pengerajin tenun ikat umumnya meggunakan bahan alami dan dengan design yang sangat unik, prosesnya sendiri bisa memakan waktu berbulan-bulan hanya untuk menyelesaikan sehelai Endek namun kalo anda sudah melihat hasilnya saya yakin anda akan merasa puas dan penantian selama berbulan-bulan itu akan terbayar. Ternyata beberapa bahan terutama benangnya harus di import dari negri India juga karena di Indonesia sendiri tidak ada bahan yang seperti yang dibutuhkan pengerajin.
Berikut beberapa hasil photo proses pembuatan Endek, silakan disimak.

Pengerajin Endek (1)
Pengerajin Endek (2)
Pengerajin Endek (3)
Pengerajin Endek (4)
Pengerajin Endek (5)
Pengerajin Endek (7)
Pengerajin Endek (8)
Pengerajin Endek (9)

8 thoughts on “Pengerajin Endek Bali

  1. Foto2 proses pembuatan endeknya bagus banget. Warna endek nya jadi sangat menarik. Sukses terus ya…. Proses menenun songket bisa lebih detail khan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s